Templates by BIGtheme NET

SISTEM & PROSEDUR

“LOMBO’ BUAQ”
APIP Inspektorat Kabupaten Lombok Tengah

        Pekerjaan audit adalah profesi. Auditor yang bekerja di sektor publik selain dituntut untuk mematuhi ketentuan dan peraturan kepegawaian sebagai seorang pegawai negeri sipil,  ia juga dituntut untuk mentaati kode etik Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) serta Standar Audit APIP atau standar audit lainnya yang telah ditetapkan.

        Kode etik dan standar audit yang menjadi acuan/pedoman APIP Inspektorat Kabupaten Lombok Tengah dalam melaksanakan tugas pengawasan diformulasikan dengan istilah atau jargon “ Lombo’ Buaq ”.

Lombo’ (bahasa sasak) berarti lurus; merupakan cerminan sikap dan perilaku APIP Inspektorat Lombok Tengah dalam melaksanakan tugas pengawasan sesuai dengan kode etik yang ditetapkan.

Buaq (bahasa sasak) berarti buah atau hasil; merupakan cerminan mutu/qualitas hasil pengawasan APIP Inspektorat Kabupaten Lombok Tengah yang sesuai dengan standar audit yang ditetapkan.

        Tuntutan sikap dan perilaku auditor dalam melaksanakan tugas pengawasan dilandasi oleh beberapa prinsip perilaku, yaitu: Integritas, Independensi, Objektivitas, Kerahasiaan dan Kompetensi.

  • Integritas
    Auditor/APIP dituntut untuk memiliki kepribadian yang dilandasi oleh sikap jujur, berani, bijaksana, dan bertanggung  jawab untuk membangun kepercayaan guna memberikan dasar bagi pengambilan keputusan yang handal.
  • Independensi
    Auditor/APIP baik secara pribadi maupun kelembagaan, harus terbebas dari pengaruh dan campur tangan pihak manapun.
  • Objektivitas
    Auditor/APIP harus menjunjung tinggi ketidakberpihakan profesional dalam mengumpulkan, mengevaluasi, dan memproses data/informasi audit. Auditor/APIP membuat penilaian seimbang atas semua situasi yang relevan dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan sendiri atau orang lain dalam mengambil keputusan.
  • Kerahasiaan
    Auditor/APIP harus menghargai nilai dan kepemilikan informasi yang diterimanya dan tidak mengungkapkan informasi tersebut tanpa otorisasi yang memadai, kecuali diharuskan oleh peraturan perundang-undangan.
  • Kompetensi
    Dalam melaksanakan tugasnya auditor/APIP dituntut untuk memiliki pengetahuan, keahlian, pengalaman dan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas.

 

KODE ETIK
APIP Inspektorat Kabupaten Lombok Tengah

1. INTEGRITAS

Kejujuran, ketekunan, kepercayaan, kewibawaan tidak menerima gratifikasi dan tanggungjawab.

2. OBJEKTIVITAS

Data/informasi jelas, tidak dipengaruhi kepentingan dan bebas dari pengaruh kepentingan.

3. KERAHASIAAN

Menyimpan rahasia, jabatan, negara, emiten kecuali ada ketentuan undang-undang.

4. KOMPETENSI

Memiliki pengetahuan, keahlian, keterampilan dan pengalaman.

5. AKUNTABEL

Bertanggung jawab atas kinerja dan tindakan.

6. PERILAKU PROFESIONAL

Reputasi profesi, konsisten, kemandirian, kepercayaan, efektivitas dan kualitas pengawasan.

 

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful